4th ANNIVERSARY CAKRA BHAYANGKARA NEWS ** Media Cetak dan Online

Headlines!

Saber Pungli Segera Tangkap Kades Situ Sari, Diduga Terlibat Pungli Program "PTSL"

Posted by: On Januari 15, 2020



Kab.bogor, Cakra Bhayangkara News - Di duga kepala desa (KADES) situ sari pungli program tanah sistematis lengkap (PTSL), warga yang ikut penyuluhan PTSL dan mendaftarkan tuk mambuat sertipikat tanah jauh di atas ketentuan pemerintah.

Meskipun Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas memerintahkan langsung Satuan Tugas Sapu Bersih Pemberantasan Pungutan Liar ( Saber Pungli) untuk menginvestigasi  masalah Pungli dalam penerbitan surat tanah, namun didesa situ sari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) masih banyak ditemukan pelanggaran seperti memaanfatkan program tersebut dijadikan ajang Pungli yang diduga dilakukan oknum aparatur desa Rt/Rw dan kepala desa(Kades).

Menurut data yang berhasil dihimpun, media cakra bhayangkara, di lapangan desa situ sari mendapat jatah program PTSL tahun 2019. Namun dalam pelaksanaannya dilapangan biaya yang dipungut dari sejumlah warga yang ikut program PTSL, tidak sesuai dengan peraturan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri yang menetapkan biaya kepengurusan sertifikat Tanah sebesar Rp 150 000.

Sejumlah warga yang ikut program tersebut dikenakan biaya sebesar Rp 700 ribu hingga Rp 1,5 juta rupiah perbidang dengan alasan untuk mempercepat pengurusan surat kepemilikan tanah hingga selesai. Pungutan liar tersebut dikutip oleh sejumlah oknum pelaksana teknis kegiatan dari perangkat desa. Ironisnya para panitia PTSL mematok harga sementara uangnya harus lunas dibayarkan sesuai permintaan.

" saya di mintai biaya sebesar 700 ribu.ada juga yang di mintai 1, 5 juta Rupiah untuk pengurusan sertipikat tanah" kata warga kepada Cakra Bhayangkara News.

Terkait dugaan pungli program PTSL di desa situsari, kepala desa situsari belum dapat ditemui untuk konfirmasi lebih lanjut.

"Pak kades tidak ada kantor, ada kegiatan diluar, kembali saja besok untuk konfirmasi," kata salah satu stapp desa.

Masyarakat meminta tuk permasalahan pungli program PTSL di desa situ sari, kepala BPN kabupaten bogor, siber pungli kabupaten bogor, kejaksaan negeri serta SUBDIT tipikor polda jabar segara  usut, lidik dan menindak tegas memanggil oknum aparat desa yang melakukan pungli kerena akan terindikasi sarat KKN ajang bacakan. (ROSY).

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »