Headlines News :
Home » » Perencanaan Pelabuhan Baru Tanjung Pura di Bateng

Perencanaan Pelabuhan Baru Tanjung Pura di Bateng

Saturday, June 1, 2019

Pangkalpinang, Cakrabhayangkara News-Peran penting Pelabuhan Sungai Selan, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah yang selama ini melayani bongkar muat kapal barang kebutuhan masyarakat Pulau Bangka, seperti sembako dalam beberapa tahun kedepan bakal digantikan pelabuhan baru  yang akan dibangun di Desa Tanjung Pura. 

Hal ini disampaikan pihak Kementerian Perhubungan, Direktorat Jendral Perhubungan Laut, melalui Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkal Balam, Pangkalpinang, Provinsi Bangka belitung (Babel, H. Izuar saat dijumpai awak media, Jumat (31/5).

Dikatakan, rencana pelabuhan baru tersebut akan diperjuangkan. Sumber pembiayaan berasal dari APBN. Pertimbangan diperlukan pelabuhan baru, karena Pelabuhan Sungai Selan kondisi perairanya saat ini sudah mendangkal, sehingga menyulitkan keluar masuk kapal barang. 

Mendangkalnya aliran Sungai Selan karena aktifitas tambang timah rajuk liar yang banyak beroperasi pada bagian hulu sungai. 

Sumber pendangkalan adalah endapan lumpur yang dihasilkan tambang tersebut hanyut sepanjang aliran Sungai Selan hingga kemuara. 

Pertimbangan lain, karena banyaknya perkebunan besar kelapa sawit, baik milik perusahaan maupun masyarakat yang menghasilkan Crude Palm Oil (CPO). 

Kelak CPO ini akan dikirimkan keluar daerah melalui pelabuhan baru tersebut yang lebih dekat, tidak perlu lagi melalui Pelabuhan Pangkal Balam yang sudah padat aktifitasnya dan berjarak cukup jauh dari pabrik CPO. Untuk mewujudkan, pihaknya akan segera bertemu untuk berbicara dengan Bupati Bangka Tengah. 

Sebelum dibangun pelabuhan, Pemerintah  Kabupaten Bangka Tengah harus terlebih dahulu memperbaiki akses jalan menuju pelabuhan. 

"Dalam waktu dekat, saya akan bertemu Bupati dulu membicarakan rencana itu. Jika ada kepastian, maka saya akan segera memperjuangkan ditingkat pusat, mudah-mudahan segera terealisasi", kata Izuar.(edy)

Share this post :

Post a Comment