Headlines News :
Home » » HPI Babel Panen Perdana Sorgum Dilahan Kritis

HPI Babel Panen Perdana Sorgum Dilahan Kritis

Thursday, May 30, 2019

Babel, Cakrabhayangkara News-  Himpunan Pewarta Indonesia Propinsi Bangka belitung (HPI Babel), Rabu (29/5) melaksanakan panen perdana sorgum diatas lahan bakal Islamic Center, Kelurahan Air Itam, Kota Pangkalpinang. Sorgum yang dipanen ditanam pada lahan seluas 3 hektar. Penanaman beberapa bulan yang lalu, yang saat itu turut dihadiri dan dilakukan pihak Forkopimda Babel.

Ketua HPI Babel Riki Permana, mengatakan sorgum yang dipanen ditanam diatas lahan milik Pemprov Babel. Keseluruhan lahan luasnya sekitar 9 hektar. Tidak semuanya ditanami sorgum, namun terbagi untuk lobang persediaan air (kolong) yang sekarang lagi ditambang untuk pembuatannya. Kemudian seluas 2 hektar ditanami rumput gajah, dan setengah hektar dijadikan kolam ikan. "Apa yang kami lakukan ini setidaknya dapat dijadikan contoh bagi organisasi wartawan lain untuk kerjasama yang bermanfaat", katanya. 

Sementara, Ketua Tim pengembangan sorgum dari Pemprov Babel DR Dedi Hartadi, mengatakan sorgum yang dipanen saat ini sengaja tidak dilakukan pemupukan. Hal ini untuk melihat kualitas dan kuantitas sorgum pada lahan kritis. Hasilnya cukup menggembirakan. Setangkai berisi buliran sorgum berkisar berat hingga 500 gram. Namun jika dilakukan pemupukan dapat mencapai berat 1 kg atau lebih. Ini bukti sorgum cocok ditanam pada lahan kritis terutama pada lahan bekas tambang timah yang banyak bertebaran diseantero Babel. Sorgum yang adalah tanaman pangan pengganti beras dapat panen 3 kali dalam setahun.

Panen perdana kali ini dilakukan secara simbolis oleh pihak HPI Babel, dengan masing anggota mewakili pejabat Forkopimda babel sebagaimana tertulis dibatangan sorgum. Turut dihadiri oleh DAN POM TNI-AD Babel, Supriono. Dan untuk tenaga pengamanan sejumlah anggota dari Sat Pol PP Babel.(edy)

Share this post :

Post a Comment